Waspada!! Jumlah Kecamatan di Brebes Rawan Tanah Bergerak Bertambah

Sunday, 23 October 20160 comments



Criminalpedia-Sebanyak sembilan kecamatan di Kabupaten Brebes Jawa Tengah dinyatakan rawan bencana, baik longsor, tanah bergerak dan angin puting beliung. Untuk itu, warga diminta mengantisipasi potensi bencana tersebut.

"Potensi bencana masih terus mengintai akibat kondisi cuaca, terutama hujan dengan intensitas tinggi dan suhu laut yang meningkat serta pengaruh angin timur," ucap Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Brebes Eko Andalas di Brebes, Jateng, Jumat (30/9/2016).

Adapun kecamatan yang rawan bencana, yaitu Sirampog, Salem, Bantarkawung, Bumiayu, Paguyangan, Tonjong, Larangan, Ketanggungan, dan Banjarharjo.

Menurut dia, sembilan kecamatan yang terdiri dari puluhan desa tersebut tersebut dinyatakan rawan berdasarkan pemetaan yang dilakukan oleh Pusat Vulkanologi, dan Mitigasi Bencana Geologi  (PVMBG) pada 2015 lalu.

"Kami meminta kepada warga yang berada di wilayah perbukitan untuk waspada menjelang musim penghujan ini," kata dia.

Hingga kini, lanjut dia, ratusan keluarga yang terancam terdampak bencana ini. Tahun lalu, ada 233 keluarga di tiga kecamatan yakni Sirampog, Salem, dan Bantarkawung, direlokasi gara-gara tanah bergerak.

"Untuk tahun 2016 ini ada sembilan kecamatan, pasti keluarga yang terdampak lebih banyak," imbuh dia.

Sumber
Share this article :

Post a comment

 
Support : | |
Copyright © 2016. Criminalpedia
Published by
powered by Blogger